Home / Travel / Voluntourism: Keseruan Traveling dan Sukarelawan yang Bersatu

Voluntourism: Keseruan Traveling dan Sukarelawan yang Bersatu

Memiliki pengalaman melakukan perjalanan di luar dan dalam negeri itu memang menyenangkan. Melihat banyak hal yang sebelumnya belum pernah kita lihat. Mengambil foto, menikmati keadaan sekitar, mencoba kuliner dan hal lainnya. Tetapi jika melakukan perjalanan wisata hanya untuk hal seperti itu, apakah Anda tidak bosan?

Memang hakikatnya melakukan perjalanan wisata untuk membuat kita segar kembali dari keseharian yang penuh dengan kelelahan. Mendapatkan dan merasakan suatu hal yang jarang sekali kita dapatkan, ya siapa yang tidak mau melakukannya? Namun, ketika Anda merasa bosan dan sudah tidak bahagia lagi dengan perjalanan biasa Anda, apa yang akan Anda lakukan?

Voluntourism: Volunteer Anda Tourism

Pada tahun 1998, Dewan Pariwisata Nevada mengajak warganya untuk menjadi sukarelawan pada tempat-tempat kecil yang memiliki potensi wisata yang hebat. Sesuai dengan namanya Voluntourism merupakan perjalanan wisata yang juga melakukan kegiatan sosial atau sukarelawan pada kegiatannya.

Seiring berjalannya waktu, banyak sekali travel-travel di dunia yang mulai membuat paket wisata ini. Dengan kegiatan utama seperti kegiatan sosial, memberikan layanan kesehatan, mengajar, bahkan memperdayakan masyarakat loka. Cara ini bisa kita katakan unik, karena butuh jiwa sosial yang tinggi dalam mengikuti kegiatannya. Tentu ini juga akan memberikan kehebatan yang luar biasa dan tidak bisa Anda lupakan.

Kegiatan Voluntourism

Kegiatan Voluntorism ini akan membawa Anda pada tempat-tempat kecil tapi memiliki keindahan yang luar biasa. Tempat yang hanya bisa terjangkau oleh orang-orang tertentu yang memiliki hati yang mulia. Tentu Anda pasti adalah salah satu orang yang bisa melakukan kegiatan ini. Biasanya ketika Anda sudah memilih untuk pergi pada suatu tempat, Anda akan mendapatkan tugas-tugas kegiatan sosial. Lalu apa saja yang biasanya dilakukan oleh penggerak kegiatan voluntourism?

1. Mengajar

Seperti yang telah kami jelaskan, bahwa kegiatan voluntourim ini akan membuat Anda ikut ke tempat-tempat kecil. Pastinya disana pun terdapat masyarakat setempat yang memiiki ketertinggalan daripada tempat-tempat lainnya. Banyaknya anak kecil yang lahir pada tempat itu, pasti memerlukan sekolah untuk bisa menjadi seorang dewasa yang cerdas.

Anda bisa mengajar masyarakat lokal pada tempat tersebut dan saling berbagi. Bukan hanya untuk anak-anak saja, tetapi Anda juga bisa saling berbagi cerita dengan masyarakat dewasa. Selain itu Anda bisa mendapatkan benefit seperti saling berbagi ilmu dengan peserta voluntourism lainnya.

2. Peduli Hewan dan Lingkungan

Bukan hanya untuk manusia saja, tetapi kegiatan ini juga bisa mengajak Anda untuk saling peduli dengan mahkluk hidup lainnya. Misalnya pada Afrika, disana banyak sekali hewan yang merasakan kekeringan dan kelaparan karena cuacanya yang selalu ekstrim. Biasanya peserta voluntourism ini akan diajak untuk saling memantau dan memberikan minum atau makanan. Parahnya lagi, ketika ada hewan yang tertembak atau terjerat karena ulah para pemburu, dan Anda harus bisa membantunya.

Selain itu, ada juga kegiatan untuk menanam pohon pada lingkungan yang memiliki hutan gundul atau menanam pohon mangrove pada pantai agar tidak terjadi abrasi.

3. Ekspedisi

Ini merupakan kegiatan yang menarik, karena nantinya Anda akan dibawa menuju tempat yang sangat sulit untuk bisa Anda capai. Namun hebatnya, nanti akan ada warga setempat yang akan memandu Anda. Biasanya tugas yang akan Anda dapatkan adalah mencari suatu hal yang bisa bermanfaat bagi masyarakat lokal. Bisa juga Anda menemukan suatu tempat yang benar-benar hebat dan hanya bisa Anda lihat pada tempat itu saja.

Kelebihan Kegiatan Voluntourism

Kegiatan tadi hanyalah sebagian besar yang biasanya ada pada kegiatan voluntourism. Jika Anda mengikuti kegiatan ini, maka manfaat ini akan Anda rasakan sampai tua nanti, seperti:

  • Mendapatkan ilmu baru dari peserta voluntourism lainnya.
  • Bertemu dengan banyak orang yang memiliki ragam latar belakang
  • Mendapatkan cara kehidupan yang bisa bermanfaat ketika tua nanti
  • Pengalaman baru yang bisa Anda kenang hingga tua
  • Menumbuhkan rasa kepedulian pada sesama manusia, dan makhluk hidup lainnya
  • Menemui orang dan tempat indah yang belum tentu datang untuk kedua kalinya.

Setelah Anda mengetahui banyak hal dari informasi ini, apakah Anda mulai tertarik untuk bergabung pada voluntourism? Ingat, mereka membutuhkan Anda dan Anda juga membutuhkan mereka.

Related Post

Subscribe to our newsletter